Kategori

Kamis, 19 September 2013

Pemandian Air Soda Tarutung

     Jika biasanya anda pernah mandi di pemandian seperti kolam renang dan pemandian air hangat, maka cobalah mandi di pemandian air soda. Inilah uniknya sebuah pemandian yang ada di Tarutung, Tapanuli Utara, Indonesia. Konon pemandian Air Soda ini hanya ada dua di dunia. Yang satu ada di Indonesia dan satu lagi ada di Venezuela
     Mata Air Soda ini terletak di kaki bukit di Desa Parbabu I, Tarutung, Kabupaten Tapanuli Utara dan hanya berjarak 1 Km dari pusat kota.
     Pemandian Air Soda yang berada di tarutung ini adalah satu-satunya yang ada di Indonesia. Jika
anda mandi di Pemandian ini, maka tubuh anda akan di lengketi oleh busa-busa seperti soda, air soda ini juga seperti membuat badan kita ringan dan halus. Dan airnya juga tersa sedikit asin.
     Objek wisata yang ada di Tarutung ini telah di kelola sejak tahun 1976 oleh Minar Shite (Op. Ridoi Tobing/br Sihite). Minar Shite yang berprofesi sebagai bidan ini tanapa sengaja menemukan Pemandian Air soda ini tanpa sengaja saat sedang pulang kampung dan melewati daerah tersebut.
      Ia pernah bermimpi di datangi oleh Sahala Oppung dan di berikan wasiat agar tempat tersebut dikembangkan. dan dengan tujuh pohul itak (lampet) yang terbungkus dengan daun pisang Minar Shite memrsembahkannya untuk permisi pada pengisi alam setempat.
      Dan dengan usahanya sendiri jadilah tempat ini suatu tempat yang ramai di kunjungi oleh warga setempat. pada tanggal 29 April 1989, tempat ini pernah tertimpa oleh longsor. tanpa bantua dari pemerintah setempat, ibu Minar  membangun kembali tempat ii dengan usahanya sendiri.
     Bagaimana? anda tertarik untuk mencoba mandi di pemandiaan Air Soda ini???......















Tidak ada komentar:

Posting Komentar