Penawaran adalah jumlah barang yang
produsen ingin tawarkan pada berbagai tingkat harga selama satu priode
tertentu.
Dengan
hukum penawaran “jika hara barang meningkat, maka jumlah barang yang akan di
tawarkan pun akan meningkat, atau sebaliknya”
Ada
beberapa faktor yang mempengaruhi penawaran:
1. Teknologi
Penggunaan
teknologi tentu dengan sendirinya akan mempengaruhi tingkat produksi.
Kenaikanproduksi akibat teknologi ini menyebabkan meningkatkan jumlah barang
yang ditawarkan.
2. Harga
input
Besar
kecilnya harga input juga akan memepngaruhi besar kecilnya jumlah input yang
akan di gunakan. Biasanya pennurunan harga input akan di ikuti dengan
kecenderungan pembeliannya akan meningkat dengan sendirinya dan akan mendorong
tingkat produksi. Dengan begitu maka harga input yang menurun akan meningkatkan
supply.
3. Harga
produksi yang lain
Harga
produksi yang lain adalah adanya perubahan harga suatu produk yang diproduksi
secara bersama-sama baik karena diusahakan oleh produsen secara bersamamaupun
karena masa produksi produk tersebut berdekatan.
4. Jumlah
produsen
Besar
kecilnya jumlah produsen dengan sendirinya akan mempengaruhi besar kecilnya
suatu produk, namun sering kali adanya rangsangan maupun intensif produksi
suatu produk menyebabkan jumlah produsen produk tersebut meningkat. Peningkatan
jumlah produsen ini dengan sendirinya akan meningkatkan penawaran produk.
5. Harapan
produsen terhadap harga produksi di masa mendatang
Sering
kali harapan terhadap harga suatu produk di masa mendatang baik karena faktor
pengalaman, trend harga dan prediksinya di waktu-waktu tertentu menyebebkan
supply produk meningkat.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar