Kategori

Senin, 06 Mei 2013

METODE PENELITIAN


            Para peneliti dapat memilih berjenis-jenis metode dalam melaksankan penelitianya. Metode yang dipilih berubungan erat dengan:
  1. prosedur
  2. alat
  3. desain penelitian yang digunakan.
Desain  penelitian harus sesuai dengan metode penelitian yang dipilih. Prosedur serta alat yang digunakan dalam penelitian harus cocok dengan metode penelitian yang digunakan.
            Oleh karena itu sebelum melaksankan penelitian, seorang peneliti perlu menjawab 3 buah pertanyaan pokok yaitu :
  1. Urutan kerja apakah yang harus dilakukan dalam melaksankan penelitian
  2. alat-alat apa yang digunakan dalam mengukur ataupun dalam mengumpulkan data
  3. bagaimana melaksakan penelitian tersebut.
Prosedur memberikan kepada peneliti urutan-urutan pekerjaan yang harus dilakukan dalam suatu penlitian.Teknik penlitian mengatakan alat-alat pengukuran apa yang diperlukan dalam melaksankan suatu penelitian. Metode penelitian memandu si penliti tentang urutan-urutan bagaimana penelitan dilakukan.
Sebagai contoh Apa bila penelitian dikerjakan dengan mengunakan questionair  sebagai alat dalam mengumpulkan data, maka yg dibicarakan adalah teknik penelitian. Jika membicarakan tentang cara melakukan percobaan lapangan dengan menentukan plot, membuat blok dst maka yang dibicarakan adalah prosedur (langkah-angkah penelitian). Metode penelitian itu menyangkut teknik dan prosedur.
Pengelompokan penelitian lebih banyak didasarkan  pada:
1.       Sifat masalahnya, disamping alat dan teknik yang digunakan.  Berdasarkan sifat masalah penelitian dengan memperhatikan apakah masalah yang ingin dipecahkan tersebut masalah yang dapat dikontrol apa tidak, masalah social atau masalah alamiah dan apa tujuan dari penelitian tersebut. Teknik dan alat  yang digunakan. Alat apa serta teknik apa yang digunakan dalam mengumpul data
2.        Tempat  dimana penelitian dilakukan. Apakah penelitian dilajukan di lapangan, di laboratorium. Dipustakaan dlm masyrakat dsb.
3.       Waktu jangkauan penelitian. Apakah penelitian dilaksanakan mengenai data yang sudah ada atau memberikan prediksi untuk masa yang akan datang
4.       Area ilmu pengetahuan yang mendukung penelitian tersebut. Apakah sosial atau eksak.
Untuk dapat memberikan dgn jelas maka penlitian itu dikelompokkan atas 5 kelompok yaitu:
  1. metode sejarah
  2. metode deskriftif/survei
  3. metode eksperimental
  4. metode ground research
  5. metode penelitian tindakan

Tidak ada komentar:

Posting Komentar