Kategori

Rabu, 08 Mei 2013

Permintaan (demand)


Permintaan pada produk pertanian adalaha banyaknya produk pertanian yang di butuhkan dan di beli oleh konsumen. Dengan hukum permintaa “ jika harga produk naik, maka jumlah produk yang diminta akan turun ataupun sebaliknya”.

Dan permintaan ini di pengaruhi oleh beberapa hal, antara lain:
1.      Harga
Sebagaimana penjelasan hukum permintaan, harga jelas sangat mempengaruhi permintaan. Dengan catatan faktor-faktor lain yang berpengaruh di anggap tetap.
2.      Harga barang lain
Pengaruh harga suatu barang terhadap harga barang lain tergantung kepada posisi barang tersebut. Dalam hubungan antara satu barang dengan barang ini, terdapat tiga hal, yaitu:
a.       Barang subtitusi/barang pengganti
Yang dimaksud barang subtitusi adalah barang yang bisa menggantikan apabila suatu barang/produk perannya terhadap konsumen dapat tergantikan. Misalkan antara the dan kopi. Jika harga kopi naik tentunya bagi konsumen kenaikan harga kopi tersebut ada yang tidak dapat menjangkaunya. Jadi sebgai produk pengganti, teh dapat di gunakan oleh konsumen.

b.      Barang komplementer
Barang komplementer adalah suatu barang/produk yang di tujukan sebagai pelengkap. Misalakan the dan gual. Jika salah satu barang satu komplemen ini naik maka akan mempengaruhi permintaan barang komplemen lainnya.

c.       Barang netral
Barang netral adalah barang yang besar kecil permintaannya tidak terpengaruh/tidak berubah atas besar kecilya harga barang tersebut.

3.      Selera
Selera konsumen terhadap suatu barang/produk merupakan variable yang mempengaruhi besar kecilnya permintaan. Selera konsumen dalam hal ini bukan saja dipengaruhi oleh faktor keinginan, kebiasaan, umur, dan tingkat pendidikan, tetapi juga di pengaruhi adat-istiadat, bahkan kepercayaan.

4.      Jumlah penduduk
Makin banyak jumlah penduduk, biasanya diikuti dengan makin besarnya permintaan. Hal ini jelas dikarenakan pertambahan jumlah penduduk akan berpengaruh terhadap jumlah barang yang akan dikonsumsi, namun demikian secara terstruktur.
Pertambahan jumlah penduduk ini di pengaruhi oleh tingkat usia secara proporsional. Pertambahan penduduk dalam usia tertentu, terkadang permintaan terhadap suatu barang tidak berubah.
Contohnya saja dalam satu rumah tangga, kelahiran anak berarti bertambahnya jumlah penduduk, namun belum tentu permintaan terhadap perlengkapan bayi akan meningkat, karena bisa saja menggunakan barang yang masih bisa dipakai.

5.      Tingkat pendapatan
Perubahan tingkat pendapatan dapat berpengaruh terhadaptingkat permintaan. Perubahan ini dapat bersifat naik apabila tingkat pendapatan naik, maka tingkat permintaan terhadap suatu produk akan naik juga, baik jenis, jumlah dan mutu. Sebaliknya, jika tingkat pendapatan menurun ,amak akan menyebabkan tingkat permintaan akan turun, baik dari jenis maupun jumlahdan mutunya.

6.      Elastisitas barang
Elastisitas maksudnya adalah perubahan persentase suatu barang yang dibandingkan dengan barang yang lain. Misalkan, suatu barang di notasikan dengan y dan barang lainnya di notasikan dengan x, maka elastisitas dapat di rumuskan dengan:
E=(∆y/y) / (∆x/x)
∆y=perubahan dari y
∆x= perubahan dari x

Tidak ada komentar:

Posting Komentar