Kategori

Rabu, 08 Mei 2013

Penawaran (supply)


            Penawaran adalah jumlah barang yang produsen ingin tawarkan pada berbagai tingkat harga selama satu priode tertentu.
Dengan hukum penawaran “jika hara barang meningkat, maka jumlah barang yang akan di tawarkan pun akan meningkat, atau sebaliknya”

Ada beberapa faktor yang mempengaruhi penawaran:
1.      Teknologi
Penggunaan teknologi tentu dengan sendirinya akan mempengaruhi tingkat produksi. Kenaikanproduksi akibat teknologi ini menyebabkan meningkatkan jumlah barang yang ditawarkan.
2.      Harga input
Besar kecilnya harga input juga akan memepngaruhi besar kecilnya jumlah input yang akan di gunakan. Biasanya pennurunan harga input akan di ikuti dengan kecenderungan pembeliannya akan meningkat dengan sendirinya dan akan mendorong tingkat produksi. Dengan begitu maka harga input yang menurun akan meningkatkan supply.
3.      Harga produksi yang lain
Harga produksi yang lain adalah adanya perubahan harga suatu produk yang diproduksi secara bersama-sama baik karena diusahakan oleh produsen secara bersamamaupun karena masa produksi produk tersebut berdekatan.
4.      Jumlah produsen
Besar kecilnya jumlah produsen dengan sendirinya akan mempengaruhi besar kecilnya suatu produk, namun sering kali adanya rangsangan maupun intensif produksi suatu produk menyebabkan jumlah produsen produk tersebut meningkat. Peningkatan jumlah produsen ini dengan sendirinya akan meningkatkan penawaran produk.
5.      Harapan produsen terhadap harga produksi di masa mendatang
Sering kali harapan terhadap harga suatu produk di masa mendatang baik karena faktor pengalaman, trend harga dan prediksinya di waktu-waktu tertentu menyebebkan supply produk meningkat.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar