Kategori

Jumat, 29 Maret 2013

metode ilmiah


 METODE ILMIAH
Metode ilmiah merupakan pengejaran terhadap kebenaran yang diatur oleh pertimbangan yang logis.
Dalam meneliti metode ilmiah mempunyai kriteria serta langkah-langkah tertentu yaitu :
Kriteria metode ilmiah
  1. Berdasarkan Fakta. Keterangan yang ingin diperoleh  dlm penelitian baik yg akan dikumpulkan dan yang dianalisa hrs bedasarkan fakta yang nyata (jgn didasarkan pd daya khayal, kira-kira, legenda).
  2. Bebas dari prasangka. Bersih dan jauh dari pertmbangan subjektif. Menggunakan suatu fakta haruslah dngn alasan dan bukti yang lengkap dan dngn pembuktian yang objektif.
  • Menggunakan prinsip analisa. Dalam memahami serta memberi arti terhadap fenomena yang kompleks, harus digunakan prisip analsa. Semua masalah harus dicari sebab musababnya serta pemecahannya dengan menggunakan analisa yang logis.
  1. Menggunakan Hipotesa. Hipotesa harus ada untuk memfokuskan persoalan serta memandu jalan pikiran ke arah tujuan yang ingin dicapai sehingga hasil yang diperoleh akan mengenai sasaran dengan tepat.
  2. Menggunakan ukuran objektif. Ukuran tidak  boleh merasa-rasa atau menurut hati nurani.
  3. Menggunakan teknik kuantifikasi. Dalam memperlakukan data dan ukuran kwantitatif menunakan yang lazim, kecuali untuk atribut. (ton, m, m/det dll)
Langkah –langkah metode ilmiah:
  1. Merumuskan serta mendefinisikan masalah. Langkah pertama penelitian adalah memetapkan masalah yang akan dipecahkan. Contoh Bagaimana pengaruh pengolahan tanah tarhadap sifat –sifat tanah. Defenisikan pengolahan tanah, sifat-sifat tanah.
  2. Mengadakan studi kepustakaan. Mencari data yang tersedia yang ada hubungannya dengan masalah yang ingin dipecahkan.
  3. Memformulasikan hipotesa. Hipotesa adalah merupakan kesimpulan sementara tentang hubungan antara variabel dalam penelitian.
  4. Menentukan model untuk menguji hipotesa. Pengujian hipotesis menghendaki data yang dikumpulkan untuk keperluan  pengujian, baik data primer maupun  sekunder.
  5. Mengumpulkan data. Peneliti membuthkan data untuk menguji hipotesa yang dapat diperoleh melalui penelitian
  6. Menyusun, menganalisa dan memberikan interprestasi. Setelah data terkumpul  maka data disusun untuk memudahkan dalam menganalisa data tersebut dan baru dapat diinterprestasi atau ditafsirkan.
  7. Membuat generalisaasi dan kesimpulan. Kesimpulan dan genralisasi dihubungkan dengan hipotesa, apakah hiotesa diterima atau ditolak. Apakah hubungaan antar variabel berlaku umum ataukah berlaku pada kondisi tertentu.
  8. Membuat laporan ilmiah. Langkah akhir penelitian adalah membuat laporan ilmiah tetang hasil yang diperoleh dari penelitian yang dilaksanakan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar