Kategori

Sabtu, 30 Maret 2013

Pengertian agroklimatologi


PENGERTIAN AGROKLIMATOLOGI

            Agroklimatologi terdiri tari 3 kata yaitu: agro (lahan/pertanian), klimat (iklim) dan logi/logos (ilmu). Jadi agroklimatologi dapat di artikan sebagai ilmu yangmempelajari tentang iklim yang langsung berhubungan dengan pertanian.

            Untuk mendapatkan produksi yang optimal suatu tanaman, maka di butuhkan tanah dan iklim yang sesuai untuk tanaman.
Yang dimaksud dengan klimatologi adalah ilmu yang menerangkan tentang iklim, bagaimana iklim dapat berbeda pada suatu tempat dengan tempat lainnya. Yang sangat erat hubungannya dengan ilmu ini adalah ilmu tentang cuaca, dimana cuaca dan iklim merupakan salah sau komponen ekosistem alam sehingga kehidupan baik manusia, hewan dan tumbuhan tidak terlepas dari pengaruh atmosfer dengan proses-proese perbedaan antara cuaca dan iklim.
Cuaca adalah keadaan suatu kelakuan atmosfer pada waktu tertentu yang sifatnya berubah-ubah setiap waktu atau dari waktu ke waktu.
Sedangkan iklim adalah rata-rata keadaan cuaca dalam jangka waktu yang cukup lama minimal 30 tahum yang sifatnya tetap.

Hubungan cuaca dengan pertanian dapat di perhatikan dala 6 segi:
1.      Tanah
Pelapukan merupakan faktor penting dalam pembentukan tanah. Iklim dan cuaca mempengaruhi sifat-sifat kimia, fisika dan mekanis tanah serta organisme yang terdapat di dalamnya
2.      Tanaman
Setiap fase pertumbuhan tanaman di pengaruhi oleh keadaan lingkungannya.
3.      Peternakan
Selain berpengaruh langsung pada ternak, cuaca juga mempengaruhi peternakan melalui tanaman-tanaman yang menjadi makanannya, dan juga tanah yang menjadi tempatnya di pelihara.
4.      Penyakit dan hama tanaman dan hewan
Penyakit dan hama biasanya akan berkembang lebih cepat apabila berada pada musim hujan.
5.      Bangunan-bangunan pertanian
Cuaca dan iklim bisa menjadi penyebab cepat rusaknya bangunan-bangunan pertanian, di karenakan terkena hujan dan terik matahari.
6.      Modifikasi iklim dan cuaca
Manusia tidak dapat mengendalikan iklim dan cuaca secara keselurhan tetapi ada beberapa usaha yang di gunakan untuk membuat iklim buatan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar