Kategori

Sabtu, 30 Maret 2013

pengantar ilmu pertanian


Pengantar Ilmu Pertanian

            Mata kuliah pengantar ilmu pertanian ini di rancang dan di susun untuk mengantarkan mahasiswa ke  dunia pertanian dalam arti luas dengan membahas berbagai topik yang berkaitan dengan ilmu-ilmu pertanian yang di awali dengan pengertian ilmu dan pengetahuan sains, Lalu pertanian dan lingkungan, sejarah pertanian, cuaca dan iklim serta unsur-unsurnya, iklim indonesia, energi dan fotosintesis, pangan dan gizi, daur hara kehidupan, teknologi pasca panen, pertanian non pangan, agribisnis dan agroindustri, bioteknologi dan hydroponics, visi pertanian abad 21.

            Faktor-faktor dalam pertanian ialah tanah, Sumber daya alam dan sumber daya manusia

Tujuan Intruksional umum
            Setelah menyelesaikan mata kuliah ini, mahasiswa di harapkan akan mampu menjelaskan permasalahan pertanian secara luas serta pendukun-pendukungnya. Seperti karakteristik keilmuan adalah dapat menjelaskan tentang karakteristik ilmuan.

Ilmu pengetahuan
            Ilmu pengetahuan dari zaman dahulu sampai sekarang mengalami tahapan, yaitu
1.      Tahapan mistis: adalah mitodologi zaman dahulu
2.      Tahapan filsafat: dimana manusia mulai memikirkan tentang fenomena-fenomena yang terjadi di alam.
3.      Tahapan rasio: manusia mulai melakukan penelitian melalui langkah-langkah tertentu/ menurut logika manusia.

Suatu kebenaran dapat di peroleh melalui:
1.      Intuisi: semedi untuk mendapatkan solusi /kebenaran.
2.      Wahyu: ajaran yang di berikan oleh yang maha kuasa.
3.      Rasio: melalui langkah-langkah tertentu/ menggunakan logika.

Sains dan Pertanian
            Ilmu pengetahuan/ Sains di peroleh melalui rasio, yaitu dengan menggunakan logika dengan berfiskir secara sistematis dan objektif. Dan pengetahuan dapat di perloeh dari pengalaman ( impirisme).
            Pengetahuan muncul karena pengalaman di perlukan untuk mendukung atau menolak suatu pendapat. Dan dari pengalaman bisa menjadi pengetahuan, sebagai contoh: secara tidak sengaja manusia menemukan api dan kemudian menjadi pengetahuan dan bisanya memasak makanan.

Dari pengetahuan berubah menjadi sains.
            Cara-cara untuk mengetahui ada cara-cara untuk mengetahui berbeda dengan pengetahuan secara tidak sengaja tetapi ada langkah-langkah untuk mengetahui. Kumpulan pengetahuan yang telah mengalami pemerian, penggolongan dan pendefisian untuk menemukan berbagai keteraturan hubungan diantara berbagai butir pengetahuan di dalamnya yang berlku secara umum (ilmu pengetahuan).

Tidak ada komentar:

Posting Komentar