Kategori

Sabtu, 30 Maret 2013

Pengertian Morfologi dan Taksonomi Tumbuhan


PENGERTIAN MORFOLOGI DAN TAKSONOMI TUMBUHAN
Morfologi terdiri dari 2 suku kata, yaitu morfo dan logos. Morfo yang artinya bentuk luar dan logos yang berarti ilmu. Jadi morfologi adalah ilmu yang mempelajari bentuk dan susunan tubuh tumbuhan dan menentukan fungsi masing-masingbagian dalam kehiudpan tumbuhan.

Semakin banyak tumbuh-tumbuhan yang di kenal, maka kian terasalah membagi tumbuh-tumbuhan itu dalam beerapa bagian yang tersusun menurut cara atau sistem tertentu. Bagian dari ilmu tumbuh-tumbuhan atau botani mempunyai cabang sebagai berikut:
A.    Botani Umum
1.      Morfologi : ilmu yang mempelajari bentuk dan susunan tubuh tumbuhan dan menentukan fungsi masing-masingbagian dalam kehiudpan tumbuhan.
2.      Fisiologi : ilmu yang mempelajari bagian fungsi dari alat-alat tumbuhan.
B.     Botani khusus (sistem matika tumbuhan)
Ilmu yang mempelajari penggolongan atau pengklasifikasian serta penyusunan secara teratur di golongan-golongan tersebut menurut suatu cara atau sistem tertentu.
            Dasar Membuat klasifikasi adalah mengelompokkan sifat dan tanda-tanda kedalam suatu kelompok. Tanda yang di maksud untuk suatu kelompok di usahakan konstan dan sebaiknya penolong.
            Dalam klsasifikasi jenjang taksonomi adalah sebagai berikut:
1.      Kingdom
2.      divisio
3.      Class
4.      Ordo
5.      Family
6.      Genus
7.      Spesies

Nomenklatur Binomial
            Nomenklatur binomial atau tata namaganda pertama sekali di kenalkan oleh linnaeus. Sistem nama ini sangatlah sederhana. Menurut aturan stiap tanaman yang tergolong dalam spesies mempunyai 2 nama. Specipic name (nama pertama) adalah nama genus. Generic name (nama kedua). Sebagai contoh adalah Oryza sativa adalah nama ilmiah untuk padi. Dan inilah yang dinamakan dengan bnomial Sistem.

1 komentar: