Kategori

Rabu, 10 Juli 2013

Konsumsi buah dan sayuran saat berpuasa lebih baik


     Dikarenakan sayuran dan buah-buahan adalah sumber dari mineral dan vitamin, jadi alangkah baiknya buah dan sayuran dikonsumsi lebih banyak saat sahur dan berbuka. “Buah dan syurpun mengandung banyak serat. Kekurangan asupan serat saat berpuasa maka akan berdampat sulit untuk buang air besar. Jadi selain mengkonsumsi karbohidrat buah dan sayuran juga di perlukan bagi tubuh” kata Dr. Masrul Lubis, SpPD-KGEH, sebagai konsultan pencernaan dan hati/ Ahli penyakit dalam.
     Meminun air lebih dari tiga gelaspun sangat di anjurkan saat sahur, karena akan mencegah dehidrasi saat menjalankan aibada puasa.

     Karbohidrat yang dikonsumsi sasat sahur dapat bekerja memenuhi kebutuhan kalori hingga 10 jam saja. Sedangkan 4 jam lagi akan di ambil daei cadangan dalam bentuk lemak dan protein yang di konsumsi pada saat sahur.
      Dalam menjalankan ibadah puasa, tentulah akan mendapatkan pahala bagi yang menjalankannya dengan benar dan iklas melkukannya. Tetapi di samping itu puasa juga akan memberikan manfaat yang banyak bagi tubuh. Tidak hanya memberikan manfaat akan menunurnkan berat badan saja, berpuasa akan meberikan istirahat selama 14 jam kepada organ pencernaan, sehingga fungsi usus pencernaan akan semakin baik. Hal ini di karenakan karena terjadi peremajaan atau regenerasi sel.
     Sementara untuk makanan yang terlalu berminyak dan pedas sebaiknya di hindari atau di kurangi, karena makanan berminyak dapat menaikkan cairan asam lambung ke tenggorokan. Apabila terlalu banyak memakan makanan berminyak maka saat terbangun akan merasakan gatal dan panas di tenggorokan.
     Sedangkan untuk makanan pedas akan memberikan dampak meningkatkan produksi asam lambung yang berlebih.
     Dan untuk sahur dengan mi instan, tidak akan bisa menjadi penunjang stamina dalam menjalankan puasa selama sehari penuh. Hal ini dikarenakan, rasa kenyang akibat mi instan tidak akan bertahan lama, sangat berbeda dengan makanan yang banyak mengandung karbohidrat.
     

Tidak ada komentar:

Posting Komentar