Kategori

Jumat, 05 Juli 2013

Nipa si pulau Noktaf di Perbatasan RI

Untuk mencapai pulau Nipa ini bukanlah perkara yang Mudah, karena anda tentunya harus memiliki keinginan untuk berpetualang yang kuat. Pulau ini merupakan salah satu pulau yang haruslah di jaga oleh Gugus Tugas Pengamanan (Guskamla) Laut RI. Hal ini di karenakan pulau ini merupakan perbatasan antara Indonesia dan singapura. Dengan jarak hanya 38 km sebelah baratk kota batam dan 14 km barat daya pulau jurong singapura. Dengan mercusuar da tulisan vertikal “Republik Indonesia” menjadi penanda pulau ini. Dan ada juga penanda lain, yaitu berupa papan yang bertuliskan “Korps Marinir TNI-AL satuan pengaman pulau Nipa.

     Yang menjadikan setiap orang yang ingin kepulau ini harus mempunyai jiwa petualang yang kuat adalah karena anda harus berganti-ganti moda dari Tanjung Pinang via Batam.maka bisalah anda memijakkan kaki ke pulau ini. Dan tantangan lainnya untuk para petualang adalah kerasnya alam yang harus dihadapi dikarenakan tidak adanya air tawar di pulau ini. Hal ini di karenakan pulau ini adalah hasil reklamasi sehingga tidak dapat di temui sumber air dalam tanah.
     Jika dilhat secara fisik, maka pulai ini akan terlihat cukup besar. Tetapi ini bukanlah sosok aslinya. Karena, sekitar 10 tahun lalu dalam kondisi pasang, pulau ini mempunyai luas 0,62 Ha. Sedangkan pada kondisi surut bisa mencapai luas 60 Ha.   
      Di tahun 2004, pemerintah mereklamasi pulau ini dengan meninggikanpulau ini hingga 5 m, sehingga pulau ini memiliki luas tetap 60 Ha baik dalam keadaan laut pasang ataupun surut.
    Di sana akan di temui tong-tong besar untuk menampung air hujan dan juga tentunya pos-pos TNI. Menurut keterangan di atas bagi para petualang, tentu pulau ini merupakan pulau yang penuh tantangan.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar