Kategori

Selasa, 02 Juli 2013

Kultur Ovule



     Pada masa tahun 1970-an sampai 1980-an beberapa hasil penelitian tentang kultur  ovule muda yg belum dibuahi dipublikasikan . Beberapa contoh yaitu :
-  Kultur ovule Solanum melongena.
-          Kultur ovule Zea mays.
-          Kultur ovule Gossypium hirtusum.
-          Kultur ovule Gerbera jamesonii
-          Kultur ovule Nicotiana tobacum
-          Kultur ovule Helianthus annus.
    Faktor-faktor yang mempengaruhi keberhasilan kultur anther/ p0llen sama dengan faktor-faktor  yang mempengaruhi kultur ovule, Tetapi ada juga yang tidak serupa.  Faktor-faktor tersebut adalah:
a.       Genotipe Tanaman Donor.
b.      Tingkat Perkembangan Kantong Embrio.
c.       Perlakuan Temperatur Rendah
d.      Bagian-bagian Bunga.
e.       Bentuk Fisik Media
f.       Zat Pengatur Tumbuh

a.       Genotipe Tanaman Donor.
      Frekuensi keberhasilan japonika dan Indica dalam gynogenesis ini menunjukkan kecenderungan yang sama dengan kemampuan androgenesis dari kelompok varietas tersebut.
b.      Tingkat Perkembangan Kantong Embrio.
     Tingkat perkembangan embrio yang optimal adalah pada saat akhir uninukleat sampai awal tetranukleat. Keadaan ini sukar diamati, tetapi dapat disejajarkan dengan tingkat akhir uninukleat dan awal binukleat dalam pollen.
c.        Perlakuan Temperatur Rendah
     Perlakuan suhu 12-13oC selama 6 hari sesudah ovari/ovul ditanam, meningkatkan frekuensi gynogenesis. Akan tetapi perlakuan temperatur rendah bukan merupakan faktor kritis.
d.      Bagian-bagian Bunga.
     Bagian-bagian bunga berperan dalam mengirimkan bahan-bahan nutrisi dan bahan aktif lain ke bagian ovul.  Inokulasi bunga utuh (dengan pistil, stamen, receptacle) menunjukkan hasil terbaik, bila stamen dibuang juga masih menunjukkan hasil yang baik, sedangkan bila hanya bagian pistil saja yang ditanam maka tidak ada respon yang diperoleh.
e.       Bentuk Fisik Media
     Media cair lebih mendukung gynogenesis dalam kultur ovul dibandingkan dengan media padat. Hasil ini serupa dengan hasil yang diperoleh dalam kultur anther.
f.       Zat Pengatur Tumbuh
     Untuk media kultur ovul padi yang diberi zat pengatur tumbuh  IAA  dan NAA akan meningkatkan frekewensi gynogenesis.



Tidak ada komentar:

Posting Komentar